Wednesday, January 9, 2013

ROAD TO JOGJAKARTA (PART 2)

Pagi ini kami bangun pas adzan subuh berkumandang. Tapi gak semuanya bangun siih, masih ada yang masih males-malesan alias mata masih merem-melek, hahha. Mumpung kamar mandi belum ada yang pake, jadi aku langsung aja mandi lalu sholat subuh. Beerrr….dingin juga air di jogja.
                Hari ini kami berencana akan melanjutkan petualangan ke Gunung Kidul. Gunung kidul cukup jauh dari pusat kota Jogjakarta. Meskipun jauh dari perkotaan, di Gunung Kidul terdapat beberapa tempat menarik dan indah untuk dikunjungi. Beberapa diantaranya yaitu Goa Pindul, Air Terjun Sri Gethuk, Bukit Bintang dan deretan Pantai yang berjajar di pesisir selatan Pulau Jawa.
                Perjalanan kami dimulai pukul 8 pagi dan tiba di Gunung Kidul pukul 10.21. Kami dijemput budhe-nya Angger dengan sepeda motor. Karena hanya ada 2 motor saja, maka Angger dan Lucky yang harus bolak-balik menjemput kami yang masih tersisa di tempat kita turun dari bis.
                Rumah budhe Angger tidak jauh dari jalan raya. Kami disambut dengan ramah oleh keluarganya Angger. Kami berkenalan dengan budhe, pak de, mbah kakung, mbah putri, bulek, mbak Anik, Rara, dan Eli. Kami semua senang bertemu dengan mereka. Setelah saling berkenalan, kami pun disuruh makan siang oleh budhe. Nampaknya budhe sudah menyiapkan beberapa masakan untuk menyambut kedatangan kami. Slap slap slap … makanan ludes di lahap kami ber-enam. Hanya tersisa piring kotor sekarang, dan itu merupakan tugas aku dan Mentari untuk membersihkan meja makan dan mencuci piring tersebut. Setelah semua beres, kami berenam beristirahat sejenak hingga tertidur pulas dan bangun pukul 3 sore. Naahh…gimana mau jalan-jalan kalo udah sore begini pasti gak keburu. Hmm…akhirnya hanya bisa duduk manis di meja makan sambil berbincang merencanakan perjalanan esok hari.
                Hari semakin gelap, matahari mulai menenggelamkan sinarnya. Kami masih saja berada di meja makan, entah apa saja yang dibicarakan sehingga kami tak bosan-bosan berada disitu. Suara adzan akhirnya menghentikan obrolan kami. Satu persatu dari kami mengambil air wudlu dan melaksanakan ibadah wajib shalat maghrib. Selesai shalat mbak Anik dan Eli mengajak kami ke Alun-alun Wonosari. Kami berangkat dengan 4 motor.
                Udara dingin menemani perjalanan kami ke alun-alun. Jarak alun-alun dari rumah budhe cukup jauh. Di alun-alun terdapat berbagai macam hiburan untuk anak-anak, jajanan, warung lesehan, dan juga ada sangat menarik diantara itu semua yaitu sepeda mirip odong-odong dengan 4 pedal(go-es-an), dihiasi lampu warna-warni, dan memiliki berbagai macam variasi tempat duduk. Odong-odong masih berbaris rapi di samping trotoar alun-alun. Belum banyak yang menaiki karena pada saat itu kami datang bukan pas malem minggu jadi ya sedikit sepi. Kita bingung memilih mana yang akan kita coba. Tapi ada satu yang paling aneh naah itu lah akhirnya yang kita naiki ber-enam. Tarif untuk satu odong-odong sangat murah hanya Rp. 15000 untuk 2 kali putaran(muterin alun-alun), meski murah tapi tak sebanding dengan betapa capenya  yang nge-goes itu odong-odong sedangkan yang nge-goes adalah aku, Mentari, Rizky dan Angger. Lihatlah pada gambar ini

Naaah…inilah rupa odong-odong yang kami naiki. Formasi tempat duduk Rizky dan Angger berada di depan sebagai sopir dan juga ikutan goes. Aku dan Mentari berada di belakang dan nge-goes pula. Naah yang paling di manjain adalah Lucky dan Fikri yang duduk di atas berdua bagai Raja dan Ratu yang di bawa keliling oleh para budaknya. Wakakakak…ini adalah yang paling tak terlupakan. Dan sekarang kalo masih inget pas naik odong-odong itu aku jadi ngakak sendiri. :-D
                Waktu menunjukkan pukul 21.30 WIB, kami memutuskan untuk pulang. Diperjalanan pulang kami mampir ke warung bakso “Jalan Cinta”. Alhamdulillah kenyang..selanjutnya pulang lalu tidur.
                Cukup sekian untuk cerita hari pertama aku dan teman-teman di Gunung Kidul-Wonosari. Cerita aku berikutnya akan di lanjut ke ROAD TO JOGJA PART 3….yihaaaa