Sunday, October 7, 2012

Ketika Nafas Tak Mengalir dalam Tubuh Cucu Adam


 “Hidup adalah sebuah anugerah dari Allah untuk kita para manusia untuk dapat menikmati kenikmatan dunia. Baik itu kenikmatan jasmani dan rohani. Namun dari semua kenikmatan itu juga terdapat suatu kenikmatan yang justru akan membawa kita pada kemungkaran bahkan kemurkaan Allah. Naudzubillah...Selain ada kehidupan, ada pula masa disaat manusia menerima ajalnya atau yang disebut dengan meninggal/kematian. Tak ada seorang pun yang dapat menghindari dari takdir kematian ini”.

Sedikit cerita yang akan saya tulis disini untuk mengenang beliau ibu guru ngaji saya Ustadzah Uswatun Fananiyah (Alm).
                Saya mulai belajar mengaji dengan beliau sejak SMP kelas 1, sebelumnya saya belajar mengaji dengan Kakak beliau yang kini juga telah tiada sebelum beliau wafat. Awal saya belajar mengaji di rumah beliau sejak saya masih duduk di bangku TK. Namun tidak langsung di ajar oleh Ustdz. Fananiyah karena pada saat itu beliau sedang berada di Pondok Pesantren Sunan Derajat di daerah Pandaan, Jawa Timur.
                Di kelas yang diajar, beliau menerapkan materi seperti yang beliau dapat dari Pondok Pesantren. Selain itu beliau juga mengajarkan kitab-kitab kuning seperti Tafsir Jalalain, Mabadiul Fiqiyah, dll yang belum pernah saya dapat sebelumnya. Dan pada waktu itu memang hanya ada di tempat saya mengaji ini yang mengajarkan kitab-kitab kuning. Waahh..saya jadi semakin semangat untuk mengaji. Alhamdulillah belum sampai setahun, meskipun belum mahir benar saya sudah dapat membaca kitab kuning yang gundul (tanpa harokat) dan mengartikannya ke dalam Bahasa Indonesia.
                Pada akhir bulan Juli 2009, Ustadzah menderita sakit. Dan beliau tidak dapat mengajar tetapi akhirnya beliau digantikan oleh senior saya. Kakak beliau bilang, beliau sakit lambung. Hingga beberapa hari, bahkan berminggu-minggu sakit yang beliau derita belum sembuh. Padahal keluarga beliau sudah membawa beliau untuk berobat ke Rumah Sakit. Kata kakak beliau, beliau tidak pernah mengeluh pada saat sakit. Beliau juga sangat sabar dalam menerima dan menghadapi ujian dari Allah. Subhanallah…
                Sudah hampir satu bulan beliau sakit, tetapi belum sembuh juga. Suatu ketika, kakak beliau bercerita dan sedikit meminta kepada kami (murid beliau) untuk membujuk beliau, agar meminum obat yang telah diberikan dokter untuk mengobati sakit beliau. “Adik Fananiyah sama sekali belum meminum satupun obat yang telah dokter berikan sebab dia bilang tidak ada seorang pun yang dapat mengobati sakit kecuali Allah. Hanya Allah lah yang mempunyai obat untuk menyembuhkan sakit saya”, kata kakak beliau. Seketika kami semua terkejut mendengar cerita dari kakak beliau. Di pikiran kami saat itu, sungguh hebat ustadzah percaya dan yakin terhadap kekuasaan Allah. Mungkin di dunia ini sangat jarang seseorang yang bersikap seperti yang beliau lakukan.
                Akhir bulan Agustus 2009, beliau dibawa ke Rumah Sakit kembali. Karena pada saat itu sakitnya sedang kambuh. Seminggu sudah beliau terbaring di Rumah Sakit untuk menjalani perawatan. Kami sangat rindu akan kehadiran beliau untuk mengajar kami.
                Tepat di hari akhir bulan Agustus 2009, kami di beri kabar bahwa beliau telah menghembuskan nafas terakhirnya tepat pada saat adzan maghrib selesai berkumandang. Innalillahi Wainna ilaihi Roji’un. Sungguh bagai di hempas ombak dan di terpa badai besar, saat kami mendengar hal itu. Air mata tak henti-hentinya bercucuran dari pelupuk mata kami semua. Kami sungguh tak percaya ketika mendengar kabar itu. Tetapi apalah daya jika memang itu takdir Allah untuk beliau. Kami semua hanya dapat mendo’akan beliau agar diterima disisi Allah, diampuni segala dosanya, dan diterima segala amal perbuatannya. Amiiin…

Itulah cuplikan cerita dari saya. Derai air mata mengiringi saya saat menulis cerita ini. Banyak sekali pelajaran yang dapat saya ambil dari kehidupan yang beliau jalani selama di dunia. Beliau adalah inspirasi bagi saya. Beliau adalah guru tanpa tanda jasa.

No comments:

Post a Comment