Tuesday, October 9, 2012

Prinsip Usability

Pengertian Prinsip Usability
Pengertian Prinsip Usability Pada mata kuliah interaksi manusia dan komputer adalah suatu masalah optimasi penggunaan sistem oleh pengguna. Sistem akan bekerja dengan baik apabila dipergunakan secara maksimal oleh pengguna sehingga semua kemampuan sistem dapat termanfaatkan secara maksimal.
Pada Prinsip Usability terdapat hal-hal yang harus diperhatikan diantaranya :
1.       Human Ability
2.       Human Capabilities
3.       Memori, Proses
4.       Observations
5.       Problem Solving.

1.       Human Ability
Human Ability atau dalam Bahasa Indonesia adalah suatu kemampuan manusia untuk melakukan sesuatu yang dimilikinya. Human Ability (kemampuan manusia) ini memiliki 2 perbedaan, perbedaannya yaitu :
HUMAN ABILITIES BAIK
·         Kapasitas Long Term Memory (LTM) tidak terbatas
·         Durasi LTM tidak terbatas dan complex
·         Kemampuan memahami tinggi
·         Mekanisme konsentrasi powerful
·         Pengenalan pola pikir powerful

HUMAN ABILITIES BURUK
w  Kapasitas Short Term Memory (STM) terbatas
w  Durasi STM terbatas
w  Akses yang tidak dapat diandalkan pada STM
w  Proses yang cenderung salah
w  Proses yang lambat

2.       Human Capabilities
Pengertian Human Capabilities hampir sama dengan Human Ability tetapi Human Capabilities lebih mengarah ke anggota Penginderaan / Panca indra (Mata, Telinga, Peraba) pada manusia itu sendiri.

Mata
Mata adalah suatu panca indera yang berfungsi untuk melihat dan didalam panca indera mata ini terdapat dua tahap konsep penglihatan. Konsep penglihatan pada manusia terdiri dari dua tahap yaitu
a.       Penerimaan stimulus dari luar secara fisik
b.      Pemrosesan serta interpretasi dari stimulus tersebut

Telinga
Telinga adalah suatu panca indera yang digunakan untuk mendengar. Sistem yang terdapat pada telinga yaitu system auditory yang memiliki kapasitas sangat besar untuk mengumpulkan informasi lingkungan sekitar. Dapat mendengar objek apa saja yang ada di sekitar dan memperkirakan kemana objek tersebut akan berpindah.
Þ     Pemrosesan suara
Suara memiliki beberapa karakteristik, yaitu :
a)      Pitch : frekuensi suara (20 – 20.000 HZ)
b)      Loudness : amplitudo suara (30 – 100dB)
c)       Timbre : tipe atau jenis suara Sistem auditory melakukan filtering suara kita mengabaikan suara background dan berkonsentrasi pada informasi yang penting.
Peraba
Peraba adalah suatu panca indera yang berfungsi untuk melakukan sentuhan. Manusia menerima stimuli melalui kulit. Kulit memiliki tiga jenis sensor penerima (sensory receptor), yaitu :
w  Thermoceptor =merespon panas / dingin
w  Nociceptor =merespon pada tekanan yang intens, rasa sakit
w  Mechanoceptor = merespon pada tekanan Pada komputer keyboard bisa dikaitkan dengan posisi-posisi bentuk tombol, juga pengoperasian yang memerlukan penekanan, ada yang berat atau malah terlalu ringan.

3.       Memory
Memori adalah suatu tempat atau wadah untuk menyimpan data atau informasi. Memori juga dapat menyimpan pengetahuan faktual dan pengetahuan prosedural.  Ada 4 type Memori yaitu:
1.       Perceptual Buffer (Memori Sensor)
ü  Terbatas kapasitasnya.
ü  Informasi yang masuk melalui indera tidak semua dapat diproses.
2.       Short Term Memory (STM)
ü  Memori kerja menyimpan informasi yang dibutuhkan dalam waktu yang singkat / sementara pada saat kita sedang melakukan pekerjaan.
ü  Dapat diakses dengan cepat, namun berkurang secara cepat pula
ü  Metode digunakan untuk mengukur kapasitas, yaitu berdasarkan :
ü  a. Panjang suatu deret (sequence) yang dapat diingat secara terurut.
b.  Kemampuan mengingat kembali item-item secara acak.

3.       Intermediate Menyimpan untuk ke LTM
4.       Long Term Memory (LTM)
5.       Terdapat dua jenis LTM :
a.       Memori Episodik : menyimpan “data” kejadian atau pengalaman dam bentuk serial menurut waktu.
b.      Memori Semantik : menyimpan record-record fakta, konsep, keahliaan (skills) serta informasi lain yang diperoleh selama hidup dengan terstruktur.

4.       Observations
Orang lebih fokus untuk menyelesaikan masalah, tidak untuk belajar menggunakan suatu sistem secara efektif. Orang menggunakan perbandingan jika tidak ada penyelesaian. Orang lebih kepada heuristic daripada algorithmic
a.       Lebih mencoba coba-coba daripada pemikiran matang
b.      Orang lebih memilih sub-strategi untuk masalah yang tidak terlalu penting.
c.       Orang belajar strategi lebih baik dengan latihan


5.       Problem Solving
Problem Solving atau yang biasa kita kenal Penyelesaian masalah, penyelesaian masalah pada IMK ini setelah penyimpanan di LTM, kemudian diaplikasikan.
Penalaran (Reasoning) : proses pengambilan kesimpulan mengenai sesuatu atau hal baru dengan pengetahuan yang dimiliki oleh manusia. 


1 comment:

  1. terima kasih ya atas blognya setidaknya telah membantu saya untuk mengerjakan tugas kulia.

    ReplyDelete