Friday, October 26, 2012

Membuat Garis Vertikal, Horizontal, dan Diagonal Dengan OpenGL

Pengertian OpenGL

Dikutip dari Wikipedia, OpenGL (Open Graphics Library)[3] adalah spesifikasi standar yang mendefinisikan sebuah lintas-bahasa, lintas platform API untuk mengembangkan aplikasi yang menghasilkan grafis komputer 2D maupun3D. OpenGL dikembangkan oleh Silicon Graphics Inc (SGI) pada tahun 1992 [2] dan secara luas digunakan dalam CAD,realitas maya, visualisasi ilmiah, visualisasi informasi, dan simulasi penerbangan. Hal ini juga digunakan dalam video game, di mana bersaing dengan Direct3D on Microsoft Windows platform (lihat vs OpenGL Direct3D). OpenGL dikelola oleh sebuah teknologikonsorsium nirlaba yaitu Khronos Group.

Bekerja Dengan OpenGL

a.     Membuat Garis Vertikal
Pastikan anda telah menginstal software Dev-C++ dalam computer anda, karena software inilah yang akan digunakan untuk bekerja dengan OpenGL. Buka Dev-C++ untuk memulai membuat project baru yaitu garis vertical dengan cara seperti yang tertera pada gambar berikut ini :

Selanjutnya, akan muncul New Project, pilih Multimedia-OpenGL, pada Name beri nama vertical, kemudian klik OK

Langkah selanjutnya yakni menuliskan coding untuk membuat garis vertical. Tuliskan source code nya pada bagian bawah /* OpenGL animation code goes here */  seperti pada tampilan berikut :


Logika untuk program di atas adalah :
Semua perintah OpenGL menggunakan awalan gl diikuti dengan huruf capital pada setiap kata membentuk nama perintah(sebagai contoh glClearColor).


Output :
Setelah menuliskan coding, compile project vertical dengan cara klik Execute -> Compile atau dengan menekan tombol Ctrl+F9 dari keyboard. Apabila project anda success artinya tidak ada yang error, lanjutkan dengan menjalankan (Run) program. Klik Execute -> Run atau tekan Ctrl+F10. Maka outputnya adalah sebagai berikut :



b.     Membuat Garis Horizontal
Lakukan langkah seperti pada membuat garis vertical. Simpan project dengan nama Horizontal. Kemudian tuliskan coding sebagai berikut ini :

Setelah itu compile project, bila success lanjutkan untuk menjalankan program. Sehingga output yang dihasilkan adalah sebagai berikut :


c.      Membuat Garis Diagonal
Buatlah project baru dengan nama diagonal. Tuliskan coding program sebagai berikut :

Setelah itu lakukan compile pada coding program yang telah dituliskan tadi. Hal ini dilakukan untuk mengetahui apakah coding yang ditulis sesuai atau tidak(error). Lakukan compile dengan menekan tombol Ctrl+F9. Jika project anda success atau tidak ada coding yang error, jalankan program dengan cara menekan tombol Ctrl+F10. Sehingga output yang akan dihasilkan dari coding tersebut adalah sebagai berikut :


Tugas Mata Kuliah Grafik Komputer & Pengolahan Citra
Rachma Wijayanti
15110489
3KA25


No comments:

Post a Comment