Soal
1. Apa yang
anda ketahui tentang produksi dan fungsi produksi ?
2. Jelaskan
jenis-jenis pasar monopoli, oligopoly, persaingan sempurna!
Jawab
Produksi dan Fungsi Produksi
Produksi
merupakan salah satu kegiatan yang berhubungan erat dengan kegiatan ekonomi.
Melalui proses produksi bisa dihasilkan berbagai macam barang yang dibutuhkan
oleh manusia. Tingkat produksi juga dijadikan sebagai patokan penilaian atas
tingkat kesejahteraan suatu negara. Jadi tidak heran bila setiap negara
berlomba - lomba meningkatkan hasil produksi secara global untuk meningkatkan
pendapatan perkapitanya.
Fungsi produksi merupakan suatu
kegiatan untuk menciptakan atau menambah kegunaan suatu barang, mengubah
sesuatu yang nilainya lebih rendah menjadi sesuatu yang memiliki nilai lebih
tinggi dengan menggunakan sumber daya yang ada, seperti bahan baku, tenaga
kerja, mesin dan sumber-sumber lainnya, sehingga produk yang dihasilkan dapat
memberikan kepuasan pada konsumen. Dengan demikian untuk membuktikan apakah
produksi tersebut telah berjalan atau tidak, maka diperlukan suatu pemeriksaan
yaitu pemeriksaan manajemen. Sedangkan program pemeriksaan manajemen pada
fiingsi produksi yang akan dilakukan adalah perencanaan dan pengendalian
produksi, tenaga kerja produksi, fasilitas produksi, dan pelaksanaan proses
produksi.
Pasar monopoli
Pasar
monopoli (dari bahasa Yunani: monos, satu + polein, menjual) adalah suatu
bentuk pasar di
mana hanya terdapat satu penjual yang menguasai pasar. Penentu harga pada pasar
ini adalah seorang penjual atau sering disebut sebagai "monopolis".
Sebagai
penentu harga (price-maker), seorang monopolis dapat menaikan atau
mengurangi harga dengan cara menentukan jumlah barang yang akan diproduksi;
semakin sedikit barang yang diproduksi, semakin mahal harga barang tersebut,
begitu pula sebaliknya. Walaupun demikian, penjual juga memiliki suatu
keterbatasan dalam penetapan harga. Apabila penetapan harga terlalu mahal, maka
orang akan menunda pembelian atau berusaha mencari atau membuat barang
subtitusi (pengganti) produk tersebut atau —lebih buruk lagi— mencarinya di pasar gelap (black market).
Jenis-jenis pasar monopoli dibedakan :
1. Monopoli alamiah, yaitu monopoli yang disebabkan oleh keadaan
alam tertentu ataupun yang disebabkan oleh adanya bakat khusus melebihi orang
lain.
2. Monopoli undang-undang, yaitu monopoli yang diberikan oleh
pemerintah melalui peraturan undang-undang baik kepada swasta maupun monopoli
yang dikuasai atau dimiliki oleh negara dengan ketetapan undang-undang.
3. Monopoli karena perjanjian, yaitu monopoli melalui perjanjian
kerja sama dengan orang/perusahaan lain dengan tujuan mengurangi persaingan
atau menguasai perusahaan lain.
Oligopoli
Pasar oligopoli adalah pasar di mana penawaran
satu jenis barang dikuasai oleh beberapa perusahaan. Umumnya jumlah perusahaan
lebih dari dua tetapi kurang dari sepuluh.
Jenis-jenis pasar
Oligopoli
Berdasarkan
produk yang diperdagangkan, pasar oligopoli dapat dibedakan menjadi 2 jenis,
yaitu :
a. Pasar oligopoli murni (pure oligopoly)
Ini merupakan praktek oligopoli dimana barang yang diperdagangkan merupakan
barang yang bersifat identik, misalnya praktek oligopoli pada produk air
mineral dalam kemasan atau semen.
b. Pasar oligopoli dengan pembedaan (differentiated
oligopoly) Pasar ini merupakan suatu bentuk praktek oligopoli dimana barang
yang diperdagangkan dapat dibedakan
Pasar
Persaingan Sempurna
Pasar persaingan sempurna (perfect competition) adalah sebuah jenis pasar dengan
jumlah penjual dan pembeli yang sangat banyak dan produk yang dijual bersifat
homogen. Harga terbentuk melalui mekanisme pasar dan hasil interaksi antara penawaran dan permintaan sehingga penjual dan pembeli di pasar ini tidak dapat
memengaruhi harga dan hanya berperan sebagai penerima harga (price-taker).
Barang dan jasa yang dijual di pasar ini bersifat homogen dan tidak dapat
dibedakan. Semua produk terlihat identik. Pembeli tidak dapat membedakan apakah
suatu barang berasal dari produsen A, produsen B, atau produsen C? Oleh karena
itu, promosi dengan iklan tidak akan memberikan pengaruh terhadap penjualan
produk.
http://www.e-dukasi.net/index.php mod=script&cmd=Bahan%20Belajar/Materi%20Pokok/view&id=132&uniq=769
No comments:
Post a Comment