Tuesday, November 23, 2010

Artikel Sistem Informasi 2


ITB - Telkomsel Wujudkan Layanan Content Akademik Melalui T-Cash
Dalam rangka menyukseskan program pemerintah dalam mewujudkan Cashless Society, maka terhitung sejak tanggal 2 Maret yang lalu secara resmi Telkomsel menggandeng ITB dalam mewujudkan program layanan T-Cash bagi mahasiswa. Layanan T-Cash ini merupakan sebuah inovasi layanan content yang diperuntukkan bagi mahasiswa, dalam hal ini mahasiswa ITB. Adapun jenis content yang ditawarkan bagi para mahasiswa ini meliputi content artikel jurnal dan karya ilmiah, hasil-hasil riset dan studi, bahan-bahan ajar, karya seni, dan lain-lain yang dipublikasikan di situs ITB.
Acara penandatanganan kerjasama ini dilakukan di sela-sela Dies Natalis ITB ke-49 sekaligus momentum 100 Tahun Kebangkitan Nasional, yang dilakukan oleh Direktur Utama Telkomsel Kiskenda Suriahardja dan Rektor ITB Djoko Santoso. T-Cash atau Telkomsel Cash adalah nama produk yang berfungsi sebagai layanan alat bayar atau transaksi secara elektronik yang digelar Telkomsel berdasarkan izin yang telah diberikan Bank Indonesia sebagai regulator pada tanggal 19 Januari 2007 dan merupakan inovasi teknologi tanah air.
Sebelumnya ITB dan Telkomsel juga telah bekerjasama dalam proses pembuatan T-Cash, antara lain dalam riset industri micropayment dan remittance, serta melakukan ‘proven service’ yang menjadikan layanan T-Cash ini memiliki nilai ekonomi, aman, dan handal, sehingga pada akhirnya dapat comply baik dari sisi teknis, proses bisnis/prosedur maupun sisi legalnya
Lebih lanjut Direktur Utama Telkomsel, Kiskenda menuturkan, "Dengan menggunakan T-Cash, maka para mahasiswa tidak harus lagi menyimpan uang di dalam dompetnya, cukup menggunakan kartu atau handphone sebagai alat penyimpan uang dalam bentuk elektronik digital. Seiring dengan kerjasama dengan ITB ini, kini T-Cash telah dapat dimanfaatkan di 177 outlet termasuk ITB. Jumlah merchant ini akan terus bertambah sejalan dengan semakin banyaknya masyarakat memahami manfaat kehadiran T-Cash."(dna)


Pendapat :
Dengan adanya kerjasama ini masyarakat akan lebih mudah dalam melakukan penyimpanan uang dan mentransfer uang tanpa perlu datang ke bank. Penyimpanan uang ini  juga bisa dilakukan dengan alat elektronik digital seperti handphone dan kartu. Kita bisa melakukan transfer uang langsung dari telepon seluler (ponsel) secepat mengirimkan pesan singkat (SMS). Pengirim juga bisa mentransfer uang berkali-kali dalam satu hari. 

Rachma Wijayanti
1ka31
15110489

No comments:

Post a Comment