Wednesday, November 10, 2010

Artikel Bencana alam 1

Banjir Bandang di Wasior Papua Barat
October 7th, 2010 admin Leave a comment Go to comments

Kondisi terakhir bencana Banjir Bandang di Wasior Papua Barat yang mengakibatkan Korban mencapai 92 tewas. Sementara 84 jiwa diperkirakan hilang dan korban luka-luka mencapai 853 orang. Bencana yang meluluhlantakkan semua inftrastruktur, termasuk gedung-gedung milik pemerintah di beritakan bahwa, kondisi disana masih porak-poranda dan akses masuk masih sangat terbatas. ratusan warga kini mengungsi di lima lokasi, di antaranya di depan Bandara Wasior, di kantor bupati lama, dan tiga lokasi lainnya di Desa Manggurai.

Dana sebesar Rp 300 juta sudah dikirim. dan berikutnya sebesar Rp 500 juga akan digelontorkan. Selain dana tunai, bantuan berupa pakaian, makanan cepat saji, obat-obatan, tenda, perlengkapan keluarga dan lain-lain sebesar 13,5 ton sudah dikirim. adapun hingga kini, penyebab banjir bandang tersebut masih belum bisa dipastikan. namun, ada kemungkinan penyebabnya adalah penggundulan hutan yang terus-menerus di lokasi itu.

Banjir bandang terjadi Senin 4 Oktober 2010 pagi akibat hujan lebat yang turun terus-menerus selama 6 jam di Kabupaten Teluk Wondama, Provinsi Papua Barat. Delapan kampung terendam banjir, yakni Kampung Wasior I dan II, Kampung Rado, Kampung Moru, Kampung Maniwak, Kampung Manggurai, Kampung Wondamawi dan Kampung Wondiboy.


Pendapat :
Banjir yang terjadi di Wasior merupakan banjir yang kesekian kali terjadi di Indonesia. Banjir ini terjadi akibat curah hujan yang ekstrem Wasior adalah kawasan pegunungan terjal dan terletak tepat di kaki gunung..Orang saja sulit untuk menebang pohon di daerah ini. Sehingga bila hujan turun maka longsor lah yang terjadi sehingga mengakibatkan banjir.

Solusi :
Pemerintah sebaiknya dengan cepat dan tanggap dalam mengatasi dan menyelesaikan masalah ini agar para korban tidak terlantar di tempat penampungan. Masalah banjir ini pun harus segera cepat ditanggulangi agar tidak terjadi banjir bandang seperti ini lagi. Misalnya dengan menanami pohon, membuat tanggul banjir kanal, tidak menebang pohon secara liar atau tanpa seijin pemerintah serta merawat segala jenih tanaman yang tumbuh di sekitar mereka tinggal.

http://blogpanas.info/tag/artikel-banjir-wasior

rachma wijayanti
15110489
1ka31

No comments:

Post a Comment