Wednesday, November 24, 2010

Artikel Bencana alam 5

Fasilitas Transportasi di Wasior Segera Diperbaiki
Selasa, 12 Oktober 2010 13:07 WIB

Wasior, (tvOne)
Fasilitas transportasi di Wasior, Kabupaten Teluk Wondama, Papua Barat yang hancur akibat terjangan banjir bandang akan segera diperbaiki. Menteri perhubungan Freddy Numberi mengatakan, sarana transportasi di Wasior yang mendapat perhatian utama adalah dermaga dan bandara Wasior yang mengalami rusak parah.

"Seberapa banyak kerusakan fasilitas dermaga dan bandara saya baru melakukan peninjauan ke lokasi, yang jelas jajaran Kemenhub siap membantu perbaikan sarana transportasi di wilayah itu," kata Freddy saat hendak bertolak ke Wasior dengan pesawat terbang, Selasa (12/10).

Ia mengatakan, dalam program tanggap darurat menangani korban banjir bandang di Wasior, Papua Barat, Kemenhub telah mengerahkan kapal Pelni untuk melakukan evakuasi masyarakat dan korban bencana banjir bandang ke Manokwari, ibukota Papua Barat.

Dia berharap, dengan bantuan tanggap darurat yang dilakukan pemerintah bersama Kemenhub diharapkan segera dapat memulihkan berbagai aktivitas masyarakat di Wasior.

Mengenai jumlah kerusakan fasilitas transportasi akibat banjir bandang itu, Freddy mengatakan hingga sekarang pihaknya masih mendata seberapa besar kerusakan fasilitas transportasi di wilayah itu.

Freddy dalam kesempatan itu menyampaikan ucapan terima kasih dengan banyaknya masyarakat dan kelompok organisasi yang telah mengalang bantuan dana kemanusiaan untuk meringankan beban penderitaan masyarakat korban banjir bandang Wasior yang digagas secara perseorangan dan kelembagaan.

Freddy mengimbau, masyarakat di tanah Papua harus siap menerima berbagai musibah bencana alam yang kerap kali melanda tanah Papua karena letak geografis wilayah Papua berada di daerah pusat episentrum gempa. (Ant)

Pendapat :
Masyarakat Wasior sangat membutuhkan bantuan kebutuhan pokok, dll. Mereka juga memerlukan alat transportasi agar aktivitas mereka kembali pulih. Tidak hanya itu dengan adanya alat transportasi akan memudahkan para tim sar dalam pengevakuasian korban.
Selain itu rumah-rumah penduduk dan bangunan lainnya yang rusak berat juga harus mendapat perhatian pemerintah Wasior.

Solusi :
Pemerintah Wasior harus segera bertindak dalam menangani masalah ini. Pemerintah juga harus mencarikan dana bantuan untuk membenahi bangunan serta kebutuhan lain yang sempat mati akibat tsunami.


http://nusantara.tvone.co.id/berita/view/44573/2010/10/12/fasilitas_transportasi_di_wasior_segera_diperbaiki/


Rachma Wijayanti
1ka31
15110489

No comments:

Post a Comment