Sunday, February 5, 2012

Nyaman Bekerja Dengan Komputer


Umumnya para pekerja di kantor menggunakan computer, baik itu personal computer (PC) maupun laptop. Mulai pagi hingga sore hari mereka duduk menghadap seperangkat  computer. Kondisi ini sering menimbulkan gangguan pada kesehatan seperti mata pedih dan berair, tubuh pegal-pegal terutama di sekitar leher dan punggung akibat posisi duduk yang statis ataupun tidak tepat. Jika dibiarkan berlarut0larut akan berakibat lebih buruk pada kesehatan anda. Agar nyaman bekerja menggunakan computer, ada beberapa tips yang perlu anda lakukan :

*    Duduklah dalam posisi tegak agar punggung tidak membungkuk akibat terlalu lama menggunakan computer. Letakkan kaki dengan posisi yang nyaman dan sesekali diluruskan agar tidak pegal.

*    Jaga jarak minimum antara mata dan layar computer 45cm. letakkan monitor sejajar dengan mata. Untuk mencegah radiasi pasanglah filter pada monitor.

*    Jangan menggunakan lampu baca sebagai penerangan, gunakan lampu neon atau lampu pijar yang sinarnya merata ke seluruh ruangan.

*    Secara berkala berhentilah beraktivitas di depan computer selama beberapa menit, untuk mengistirahatkan mata dan mengendurkan oto-otot tubuh anda.


Sumber : Majalah Kartini No. 2271

No comments:

Post a Comment