Thursday, January 12, 2012

Komunikasi Dalam Organisasi

PENGERTIAN
          Komunikasi dalam organisasi sangat penting karena dengan adanya komunikasi maka seseorang bisa berhubungan dengan orang lain dan saling bertukar pikiran yang bisa menambah wawasan seseorang dalam bekerja atau menjalani kehidupan sehari – hari.
Di bawah ini beberapa pendapat yang mendefinisikan komunikasi secara terpisah diantaranya :
1.    Keith Davis
Communication is the process of passing information and understanding from one person to another.
Komunikasi adalah suatu proses penyampaian informasi dan pengertian dari satu orang ke orang lain.
2.    Chester I Bernard
Komunikasi adalah suatu alat dimana orang – orang yang bersangkutan saling berhubungan satu sama lain dalam suatu organisasi untuk mencapai tujuan umum.
3.    Koontz O’Donnell
Komunikasi adalah sebagai suatu pemindahan informasi dari satu orang ke orang yang lain.


UNSUR – UNSUR KOMUNIKASI :
1.    Harus ada si pembawa berita atau biasa disebut komunikator (sender).
2.    Harus ada si penerima berita atau biasa disebut komunikan (Receiver).
3.    Barita atau informasi yang akan disampaikan.

CARA PENYALURAN IDE MELALUI KOMUNIKASI
Proses komunikasi harus melalui tahapan – tahapan yang kadang – kadang tidak begitu mudah. Adapun tahapan-tahapan tersebut bisa digambarkan sebagai berikut :

KLASIFIKASI KOMUNIKASI
a.    Komunikasi Langsung yaitu komunikasi yang dilakukan dalam menyampaikan berita, laporan maupun perintah antara si pengirim berita(komunikator) kepada si penerima berita(komunikan) dilakukan secara langsung, sehingga kalu si penerima berita melakukan respon umpan balik yang terjadi juga diterima oleh si pengirim berita juga secara langsung(pada saat itu juga).

b.    Komunikasi Tidak Langsung adalah komunikasi yang terjadi jika dalam menyampaikan berita tidak dilakukan secara langsung, hanya melalui orang lain ataupun secara tertulis. Komunikasi ini mengakibatkan umpan balik yang terjadi juga tertunda.

c.    Komunikasi Horisontal terjadi apabila pesan, berita laporan maupun informasi yang disampaikan oleh si komunikator kepada si komunikan bertujuan untuk menjalin hubungan baik dengan sesame karyawan maupun bertujuan untuk melakukan koordinasi dalam bekerja sama.

d.    Komunikasi Formal dilakukan antara sesama anggota organisasi disesuaikan dengan urutan/tingkatan dalam struktur organisasi.

e.    Komunikasi Informal (The Grapevine) terjadi adanya komunikasi antara sesama karyawan dalam suatu organisasi.

No comments:

Post a Comment