Sunday, January 1, 2012

Bulan

DEFINISI BULAN



Bulan


 Bulan merupakan satelit alami Bumi yang selalu bergerak mengelilingi Bumi. Bulan memiliki semua criteria planet. Bulan tidak mempunyai sumber cahaya sendiri dan cahaya Bulan sebenarnya berasal dari pantulan cahaya MatahariUkuran bulan yaitu seperempat ukuran bumi. Bulan tidak memiliki lapisan udara dan peraiaran, tetapi sepertinya di dasar kawah terdapat es yang bercampur dengan pasir-pasir halus, dimana suhunya selalu di bawah -200°C. Dalam situasi seperti ini, bisa tercipta materi sekeras batu.

Permukaan bulan benar-benar tidak rata karena banyak terdapat gunung, lembah, dan kawah. Bulan memiliki kawah-kawah yang diameternya ratusan kilometer, pegunungan dengan ketinggian 9 km, dan jurang dengan kedalaman 6 km.

Bulan adalah satu-satunya benda langit yang pernah didatangi dan didarati manusia. Obyek buatan pertama yang melintas dekat Bulan adalah wahana antariksa milik Uni Sovyet, Luna 1, obyek buatan pertama yang membentur permukaan Bulan adalah Luna 2, dan foto pertama sisi jauh bulan yang tak pernah terlihat dari Bumi, diambil oleh Luna 3, kesemua misi dilakukan pada 1959. Wahana antariksa pertama yang berhasil melakukan pendaratan adalah Luna 9, dan yang berhasil mengorbit Bulan adalah Luna 10, keduanya dilakukan pada tahun 1966. Program Apollo milik Amerika Serikat adalah satu-satunya misi berawak hingga kini, yang melakukan enam pendaratan berawak antara 1969 dan 1972.





ASAL - USUL BULAN

Asal - usul bulan tidak diketahui secara pasti, tetapi para ilmuwan menemukan bukti besar bahwa Bulan berasal dari tubrukan bumi dengan planet kecil yang bernama theira sekitar 3 milyar tahun yang lalu, dan menghasilkan debu yang berjumlah sangat banyak dan mengorbit di sekeliling bumi dan akhirnya debu mengumpul menjadi bulan. Pada awalnya jarak bulan pada pertama kali hanya sekitar 30.000 mil atau 15 kali lebih dekat dari jarak Bulan dengan Bumi sekarang. Dari hasil penelitian Bulan menjauh sekitar 3,8 cm per tahunnya.

1.       Bulan dianggap berasal dari peristiwa tumbukan hebat antara Bumi dengan asteroid yang sangat besar. Asteroid adalah benda kecil yang terbuat dari batu dan besi, yang berevolusi mengelilingi Matahari seperti planet.

2.       Akibatnya, sejumlah besar materi pecahan dari Bumi ataupun asteroid berhamburan ke angkasa.

3.       Karena adanya grafitasi Bumi, pecahan tersebut mulai mengorbit Bumi

4.       Dan menggumpal menjadi satu membentuk Bulan.


No comments:

Post a Comment