Saturday, January 8, 2011

pertikaian antar agama

Tugas ISD

Konflik Antar Agama di Nigeria Memanas

Monday, 08 March 2010 14:42
Sejumlah orang-orang bersenjatakan parang dan golok membantai lebih dari 200 orang di tiga desa di kota Jos, Nigeria bagian tengah, Minggu 7 Maret 2010. Sebagian besar penduduk di tiga desa itu beragama Kristen.

Kejadian itu terjadi dini hari, saat sekelompok orang sambil membawa parang menyerang dan membunuh penduduk desa Dogo-Nahawa. Seorang penduduk desa bahkan mengatakan para penyerang juga menembakkan senjata api saat memasuki desa.

"Tembakan itu untuk memaksa warga desa keluar dari rumah mereka. Dan saat semua orang sudah keluar maka mereka mulai menggunakan parang untuk membunuh mereka," kata seorang penduduk bernama Peter Jang seperti dikutip Reuters.

Seorang pekerja sosial dari Yayasan Stefanus, Mark Lipdo mengatakan sedikitnya 100 orang tewas dalam serangan hari Minggu itu. Lipdo mengatakan, Minggu pagi itu dia mengunjungi desa Zot dan Dogo-Nahawa dan dia mencatat nama 77 orang korban dan menambahkan dia masih melihat lebih dari 20 jenazah lagi di desa itu.

"Kebanyakan korban tewas adalah mereka yang sangat tidak berdaya seperti anak-anak dan orangtua yang tak mampu menyelamatkan diri. Mereka inilah yang dibantai," kata Lipdo.

Saksi mata lain menceritakan mereka juga melihat sekitar 100 jenazah. Sementara itu, pernyataan resmi pemerintah kawasan Dataran Tinggi mengatakan lebih dari 300 orang tewas. Seorang dokter di Rumah Sakit Jos mengatakan para penyerang tidak hanya membacok korban tapi juga membakar mereka.

Presiden Nigeria, Goodluck Jonathan, memerintahkan pasukan keamanan untuk bersiaga agar peristiwa penyerangan bermotif agama tidak terjadi lagi. Selain menyiagakan pasukan, presiden juga meminta agar dalang peristiwa ini segera ditemukan. Para pengamat mengatakan, serangan ini nampaknya merupakan kelanjutan bentrokan Kristen dan Islam bulan Januari lalu yang mengakibatkan sedikitnya 200 orang tewas serta ribuan lainnya menjadi pengungsi.

Mari kita berdoa untuk Nigeria. Kiranya Tuhan menolong agar pihak-pihak yang berseteru dapat saling menahan diri agar tidak jatuh korban semakin banyak. Agar pemerintah dapat bertindak dengan adil, dapat menguasai keadaan, mampu melindungi rakyatnya dan memberi rasa aman. Tuhan juga kiranya memberi kekuatan, perlindungan dan penyertaan bagi orang-orang percaya di sana untuk tetap mampu bertahan melewati masa-masa sulit ini. (BBC)



nama : rachma wijayanti
kelas : 1ka31
npm : 15110489

1 comment: