Adapun mengenai proses-proses tersebut antara lain :
a. Proses mempengaruhi (wewenang dan kekuasaan).
Suatu proses adalah setiap kegiatan yang dilaksanakan oleh manajemen untuk mencapai tujuan-tujuan organisasi. Sedangkan pengaruh menurut Scott dan Mitchell merupakan suatu transaksi social dimana seorang atau sekelompok orang digerakkan oleh seorang atau kelompok orang yang lain untuk melakukan kegiatan yang sesuai dengan harapan mereka yang mempengaruhi. Dalam hal ini suatu pengaruh sangat berhubungan dengan kekuasaan dan wewenang. Yang dimaksud dengan kekuasaan adalah kemampuan untuk mempunyai pengaruh, sedangkan wewenang merupakan salah satu tipe dari kekuasaan.
Dalam proses mempengaruhi mencakup tiga unsure yaitu :
1. Orang yang mempengaruhi (O).
2. Metoda mempengaruhi ( --> ).
3. Orang yang dipengaruhi (P).
Secara singkat proses mempengaruhi dapat digambarkan sebagai berikut :
O - -> P
b. proses pengambilan keputusan.
pengambilan keputusan secara universal didefinisikan sebagai pemilihan diantara berbagai alternative yang mencakup bail pembuatan pilihan maupun pemecahan masalah. Proses pengambilan keputusan berkaitan erat dengan semua fungsi-fungsi manajemen tradisional.
Pengambilan keputusan sebagai bagian kunci kegiatan manajer, merupakan proses melalui nama serangkaian kegiatan dipilih. Proses pengambilan keputusan mencakup beberapa langkah. Berikut ini akan dibahas beberapa para ahli tentang langkah-langkah tersebut :
§ Menurut Hebert A. Simon, proses pengambilan keputusan pada hakekatnya terdiri atas tiga langkah utama yaitu kegiatan intelijen, kegiatan desain, dan kegiatan pemilihan.
§ Menurut Newman, Summer dan Waren. Memerinci langkah desain dan mengidentifikasi menjadi empat tahap yaitu pembuatan suatu diagnosis, penemuan penyelesaian-penyelesaian alternative, penganalisaan dan pembandingan alternative, dan pemilihan rencana yang diambil.
§ Menurut Scott dan Mitchel. Proses pengambilan keputusan meliputi : proses pencarian/penemuan tujuan, formulasi tujuan, pemilihan alternative atau strategi untuk mencapai tujuan, mengevaluasi hasil-hasil.
§ Mwnurut Elbing. Proses pengambilan keputusan meliputi lima langkah
Dalam proses pengambilan keputusan ada unsure resiko dan ketidakpastian. Resiko merupakan
kementakan suatu peristiwa dapat tau tidak dapat terjadi. Sedangkan ketidakpastian merupakan hal
dimana tidak mungkin untuk menentukan kementakan pada suatu kejadian karena kekurangan
informasi.
No comments:
Post a Comment